KONTROL DAYA DORONG PESAWAT TERHADAP PERUBAHAN FLOW UDARA

Authors

  • Hernawan Kristianto Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • n/a Purwanto Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Bambang Siswojo Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Abstract

Pesawat tanpa awak atau yang dikenal juga dengan UAV ( Unmaned Aerial Vehicle ) dewasa inin sangat gencar dikembangkan, karena berpotensi untuk membantu eksplorasi, penjelajahan, dan pertambanganSalah satu yang mejadi masalah utama untuk pesawat tanpa awak seperti UAV ini adalah bentuknya yang biasanya lebih kecil daripada pesawat pada umumnya sehingga adanya perubahan tekanan udara sedikit saja mampu untuk mengganggu laju terbang pada UAV ini.Salah satu solusi dari permasalahan diatas adalah dengan menambahkan sensor tekanan yang berhubungan langsung dengan propeller dan dikendalikan secara otomatis mengggunakan metode kontrol PID. Karena keunggulan dari PID adalah memiliki respon yang halus dan sangat cepat. Dan terbukti dengan setelan PID terbaiknya Kp = 2, Kd.= 3,5 dan Ki = 1,2 hal ini menunjukkan sistem dapat memberikan respon yang baik dengan toleransi 5% dari setpoint yang ditentukan dan mampu kembali steady ketika mendapatkan gangguan melalui pengujian windtunnel/ terowongan anginKata Kunci : PID, Daya Dorong, Load Cell,

Downloads

Published

2015-02-02

Issue

Section

Articles